Kunci Kebahagiaan Hidup

Buat yang menunggu seri artikel saya tentang investasi emas atau property, harap sabar ya. Kali ini saya mau melanjutkan artikel tentang kebahagiaan hidup dulu. Dalam artikel saya sebelumnya, disampaikan bahwa rasa bahagia dapat secara signifikan mempercepat terwujudnya impian kita. Sedangkan untuk dapat secara instan merasakan kebahagiaan, kita harus menemukan tombol reset dalam diri kita. Namun, apa sejatinya yang mampu membuat rasa bahagia dalam diri kita berlangsung terus menerus? Jawabannya adalah rasa syukur, sabar, dan ikhlas.

Ketiga kata tersebut memang sangat mudah diucapkan, gampang diajarkan, tapi tidak semua orang bisa merasa mudah dalam pelaksanaannya. Padahal untuk dapat merasakan kebahagiaan yang sejati, kita harus membuktikan ketiga kata tersebut dengan tindakan. Ketika mendapatkan hal yang positif kita bersyukur dan ketika mendapatkan hal yang negatif kita harus bersabar dan ikhlas menerimanya. Bahkan dalam segala kondisi pun kita harus senantiasa bersyukur, bersabar dan ikhlas. Sebagai contoh, ketika mobil kita menyerempet trotoar. Jelas kita harus sabar bukan? Ikhlas menerimanya dan yang mungkin sulit adalah bersyukur karena hanya mobil kita yang menyerempet trotoar, kita tetap sehat dan tidak ada korban. Lebih bagus lagi kalo kita berprasangka baik kepada Allah swt, siapa tahu kita diselamatkan dari musibah yang lebih besar karena harus berhenti sebentar gara-gara menyerempet trotoar.

Contoh lain, misalnya ketika kita mendapatkan rezeki yang besar. Jelas kita mesti bersyukur, tapi disisi lain kita juga mesti ikhlas mengeluarkan zakatnya dan sabar untuk memanfaatkan rezeki tersebut tidak hanya untuk bersenang-senang tapi juga untuk berinvestasi.

Bersabarlah menghadapi cobaan, ikhlaskan bahwa apapun yang terjadi pasti merupakan kehendak Allah swt dan syukuri setiap kejadian atau hal yang terjadi dalam hidup kita. Ingat, bahwa tidak ada yang namanya musibah atau keputusan yang salah, apapun yang terjadi pasti sudah menjadi ketentuan-Nya dan semua ketentuan-Nya insyaAllah baik bagi kita.

Semoga kita semua dimudahkan untuk selalu bersyukur, ikhlas, dan sabar dalam menjalani hidup, sehingga hati kita akan senantiasa bahagia dan impian-impian kita segera terwujud. Aamiin..

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @Surya_Anindita

About M. Surya Anindita

Entrepreneur, investor, and marketer with more than 10 years experience. Passionate in teaching and conducting research in the field of marketing, international business and SMEs.
This entry was posted in Life and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

1 Response to Kunci Kebahagiaan Hidup

  1. Chen2 says:

    Terima kasih artikelnya bagus sekali

Leave a comment